Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Bola Berganti Warna Sambil Berjalan

Cara Membuat Bola Berganti Warna Sambil Berjalan - Di Tutorial sebelumnya sudah kita bahas Cara Membuat Animasi Bola Berjalan, dan sekarang kita akan membahas  tentang bagaimana Cara Membuat Bola Berganti Warna Sambil Berjalan. Jika di tutorial sebelumnya bolanya cuman berjalan saja, kali ini kita akan membuat bolanya berjalan dan berubah warnanya. Langsung saja kita simak Tutorial Cara Membuat Bola Berganti Warna Sambil Berjalan, selamat mencoba.

Tutorial Macromedia Flash 8, Belajar Macromedia Flash 8, Kumpulan Tutorial


1. Seperti biasa buka Software Macromedia Flash 8 nya. Buat dokumen baru.

2. Kemudian buat 2 Layer, layer yang pertama kita buat nama Background, dan yang kedua kita buat nama Bola. Di tutorial sebelumnya sudah dijelaskan bagaimana cara menambah layer dan mengganti warna Background.

3. Buat Objek Bola dengan menggunakan Oval Tool (O), kemudian warnai dengan warna kesukaan agan. Jika belum tahu caranya bisa dilihat di tutorial sebelumnya bagaimana cara membuat objek bolanya dan cara mewarnainya.

4. Pindah ke Frame - 20, Klik kanan - Insert Keyframe.


Tutorial Macromedia Flash 8


5. Lalu pada Frame ke - 20, pindah objek bola dari sisi kiri ke sisi kanan. Jika belum paham Lihat Tutorial sebelumnya Cara Membuat Animasi Bola Berjalan.

6. Ganti warna Bolanya denngan menggunakan Paint Bucket Tool (K).


Belajar  Animasi Sederhana


7. Pindah ke Frame - 1, kemudian pada menu Properties, ubah Tween ya menjadi Shape. Tekan CTRL + ENTER untuk mencoba hasilnya.


Animasi Shape Tween


Ini masih tenik dasar, tapi dengan teknik seperti ini saja dan sedikit beberapa tambahan lagi, sobat bisa membuat animasi sederhana seperti animasi saya berikut.


Pada animasi media pembelajaran dengan menggunakan Software Macromedia Flash 8 ini saya hanya menambahan action scrip saja. Untuk pergeraan objeknya sama saja, saya menggunaan seperti cara di atas yaitu Motion Tween.


Animasi yang ini saya hanya menggunakan efek Motion Tween saja pada frame by frame. Walaupun ilmu yang di pelajari masih sedikit dan cara yang digunaan juga masih simpel dan sederhana. Jika kita berkreatif dan berimajinasi maka dengan cara dan contoh sederhana itu saja kita sudah bisa membuat sesuatu yang lebih. Jangan pernah menyerah dan teruslah mencoba :)

Sekian Tutorial Cara membuat bola berganti warna sambil berjalan, semoga bermanfaat. Dan sampai jumpa pada Tutorial berikutnya Sobat :)

Tag : Belajar Animasi Macromedia Flash 8, membuat animasi bola berjalan, Cara Membuat Bola Berganti Warna Sambil Berjalan , Belajar Animasi Macromedia Flash 8, membuat animasi bola berjalan, animasi sederhana dengan macromedia flash, membuat media pembelajaran dengan macromedia flash 8, cara mudah dan cepat membuat animasi objek berjalan.

Post a Comment for "Cara Membuat Bola Berganti Warna Sambil Berjalan"